Home  /  Ziswaf Produktif  / Benda Suci Yang Dapat Diwariskan

Benda Suci Yang Dapat Diwariskan


Benda Suci Yang Dapat Diwariskan

Gerakan Wakaf 5000 Alqur’an

ada ya cerita seperti itu dalam Quran. Baru Tahu saya.” Itulah Quran terjemah pertama yang pernah ia pegang dan miliki di rumah….

Ada tujuh amalan yang pahalanya terus mengalir kepada seorang hamba, kendati ia sudah meninggal dunia salah satunya adalah Mewariskan Mushaf.

wakaf alqur'an muara gembongHanya degan Rp 40.000,- rupiah kita bisa mewariskan mushaf quran+terjemahnya kepada mereka yang membutuhkan.

Saat di bacakan ayat Al Baqoroh ayat 57 yang mengisahkan pemberian makanan dari langit, manna wa salwa oleh Alloh SWT untuk kaum bani Isroil zaman Nabi Musa, pak Nanung (40 tahun), -kelurga miskin yang diberibantuan pendampingan dana zakat, berseloroh : “ada ya cerita seperti itu dalam Quran. Baru Tahu saya.” Itulah Quran terjemah pertama yang pernah ia pegang dan miliki di rumah mungil yang baru saja di renovasi dari dana zakat oleh Yayasan Pemberdayaan Ummat An Naba (LPU AN NABA). Salah Satu Quran wakaf yang di tebar LPU An Naba dari 1000 Quran wakaf yang telah di sebar pada program wakaf quran tahap pertama. Padahal Pak Nanung tinggal di Bekasi Kota, kelurahan Kranji. Karena kemiskinan dan kebodohannya menyebabkan ia memiliki keterbatasan untuk memiliki Quran + terjemah.

Kisah buta Quran dn ketiadaan quran di rumah tangga kaum muslim seperti keluarga pak Nanung berusaha di enyahkan dengan kembali LPU menggelar proram 5000 wakaf quran. Sasarannya adalah mereka yang butuh ketenangan dan pegangan hidup seperti 1600 penghuni lapas bekasi. Siswa siswi sekolah swasta dan negeri dari keluarga pra sejahtera. Majelis talim anak, remaja dan dewasa. Madrasah, pesantren yang baru dan sedang merintis. Dan lain sebagainya yang membutuhkan.

Al Quran, benda suci yang layak di wariskan.

Al Quran adalah benda paling berharga bagi kaum Muslimin melebihi emas, berlian dan harta beda duniawi lainnya.  Benda yang membawa berkah, kesembuhan dan keselamatan bagi mereka yang membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungannya. Maka siapapun yang memberikan hadiah Al Quran, bahkan mewakafkan Al Quran untuk saudaranya yang kurang mampu memiliki Al Quran dan Terjemahnya dengan ikhlas karena Allah Ta’alah maka pahala akan terus mengalir dari setiap huruf yang di baca, dari setiap anak yang mempelajarnya dari setiap ustadz yang menggunakannya untuk berdakwah dan bahkan dari setiap kaum muslim yang memperoleh manfaat langsung maupun  tidak langsung. Amiin.

Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan الــم ialah satu huruf, akan tetapi ا satu huruf, ل satu huruf dan م satu huruf. [HR. Bukhari]

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” [HR. Bukhari]

“Orang yang mahir dengan al-Qur’an bersama malaikat yang mulia, sedang orang yang membaca al-Qur’an dengan tertatih-tatih dan ia bersemangat (bersungguh-sungguh maka baginya dua pahala” [HR. Bukhari-Muslim].

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang terdapat) di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Surah Yunus, 10: 57)

 Ayat ini menunjukkan salah satu hakikat, tujuan, dan maksud al-Qur’an dalam kehidupan kita sebagai manusia, tidak terkecuali umat Islam dan mukmin khasnya.

 Kehadiran dan manfaat Al-Qur’an bukan saja dirasakan oleh mereka yang beriman kepadanya, bahkan yang tidak beriman pun akan mendapatkan percikan petunjuk dari hanya membacanya saja. Tidak sedikit kisah para mualaf yang masuk Islam setelah membaca, mempelajari dan mentadabburi al-Qur’an, kerana al-Qur’an bukan kitab biasa melainkan nasihat dan pelajaran dari Sang Pencipta manusia dan alam semesta beserta isinya.

 Dalam buku ini, Al-Hafiz Ibnu Katsir rahimahullah memaparkan keaslian al-Qur’an sebagai sebuah kitab suci samawi, wahyu dan kalam ilahi, bukannya kitab yang berisikan imaginasi pemikiran manusia.

 Dengan membaca buku ini kita diingatkan tentang pentingnya membaca al-Qur’an di setiap hari, seperti dikatakan oleh para ulama salaf,

“Rugilah orang yang dalam sehari tidak membaca Al-Quran.”

 Bahkan Rasullullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam sendiri menegaskan, “Sesungguhnya rumah yang sering dibacakan al-Qur’an akan banyak kebaikannya, sementara rumah yang tidak dibacakan al-Qur’an akan sedikit kebaikannya.”

Lebih dari itu, al-Qur’an wajib dipelajari, difahami, lalu diterapkan dalam kehidupan agar manfaat dan fungsi al-Qur’an benar-benar terasa bagi umat manusia dan alam semesta, sama ada lahir ataupun batin.

Sabda Rasulullah :

Dari Anas Bin Malik Radiallahuanhu, Rosullah shollahu alaihi wasallam bersabda : Ada tujuh amalan yang pahalanya terus mengalir kepada seorang hamba, kendati ia sudah meninggal dunia Yaitu :

1. Orang yang mengajarkan Ilmu,

2. Orang yang mengalirkan sungai untuk kepentingan Umum,

3. Orang yang mengalirkan sumur untuk kepentingan umum,

4. Orang yang menanam kurma,

5. Orang yang membangun masjid,

6. Orang yang mewariskan mushaf,

7. Orang yang meninggalkan anak yang sentiasa memohonkan ampunan baginya

( Shohihul jami’/3596 )।

 

Tulisan Oleh : Ust. Marzuki (pengurus Yayasan LPU Annaba)

 

Note : Salurkan dana anda untuk wakaf Alqur’an ke :

Rekening Yayasan Pemberdayaan Ummat Annaba

No rekening : 705-4933-082

Bank : Syariah Mandiri Cab Bekasi

Contact person : Ibu Syilvie Katherine

HP/WA : 0813-7375-8225/08777-9230-114

BB          : 7Ac16bo4

Related Post


Panduan Dasar Zakat
Panduan Dasar Zakat

"Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *